Berbagai Jenis Saham yang Harus Diketahui Pemula

Dalam dunia saham anda harus mengetahui berbagai jenis saham yang harus diketahui pemula karena kemudahan investasi saham saat ini memang memberikan kesempatan bagi banyak kalangan untuk menjadi investor sekaligus trader. Apalagi metode investasi dan trading yang ditawarkan dari banyak sekuritas juga sangat mudah. Namun, sebelum kamu menjadi investor atau trader cobalah untuk memahami kegiatan dalam investasi saham ini. Peluang profit dan resiko yang dimiliki investasi seperti ini juga harus diketahui dengan sangat baik. Ini membuat kamu semakin mudah untuk menerapkan investasi jangka panjang. Bahkan, ada beberapa jenis saham yang harus diketahui pemula. Masing-masing dari jenis saham itu memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

2 Jenis Saham yang Harus Diketahui Pemula

Masing-masing dari jenis saham yang harus diketahui pemula memang memiliki karakteristik tertentu. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik bagi para investor pemula. Selain itu, pembagian dari jenis saham ini justru akan membantu para investor atau trader dalam menentukan emiten terbaik dengan prospek profit lebih menguntungkan. Berikut ini ada 2 jenis saham yang harus diketahui pemula yang wajib untuk diketahui seperti:

1. Common stock

Ini merupakan salah satu dari jenis saham yang harus diketahui pemula. Common Stock atau sering disebut saham biasa memang sudah diketahui oleh berbagai kalangan. Biasanya para pemegang saham ini akan memiliki sertifikat khusus yang diberikan sebagai bukti atas kepemilikan saham. Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi investor di common stock ini. Salah satunya adalah pembagian nilai keuntungan atau dividen. Namun, kamu harus ingat bahwa para pemegang saham ini akan memperoleh nilai kerugian sesuai dengan jumlah saham bila perusahaan juga mengalami kerugian.

Kamu bisa memiliki peranan yang sangat penting di perusahaan dengan mengambil lebih banyak common stock. Bahkan, semakin banyak jumlah saham yang kamu miliki maka posisi kamu akan semkain diperhitungkan. Apalagi kamu juga bisa ikut dalam pengambilan keputusan terhadap prospek perusahaan untuk jangka panjang. Bagi kamu yang masuk dalam kategori pemegang saham ini akan menanggung resiko yang lebih besar dibandingkan dengan jenis saham lainnya. Hal yang harus diingat tentu saja nominal modal untuk memperoleh saham ini juga diperhitungkan.

2. Saham preferen

Jenis saham yang harus diketahui pemula lainnya adalah Preferred Stock atau saham preferen. Saham ini merupakan bagian dari surat berharga yang dijual oleh perusahaan sesuai dengan perhitungan nilai atau nominal tertentu. Kamu bisa saja membeli nilai saham itu sesuai dengan ketentuan dari nominal yang telah ditetapkan. Hal ini sering ditemui di pasar saham pada umumnya. Jumlah surat berharga atau saham yang ditawarkan akan diberikan secara transparan. Kamu juga bisa menghitung kapitalisasi pasar dari setiap saham perusahaan itu.

Saham seperti ini juga bisa memberikan nilai keuntungan melalui dividen yang diberikan perusahaan. Nominal dari dividen yang kamu dapatkan sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Semakin besar nilai saham yang kamu miliki maka peluang untuk memperoleh deviden juga akan semakin menguntungkan. Selain itu, resiko yang kamu dapatkan tentu saja akan sangat berbeda dibandingkan dengan saham biasa. Biasanya pada saat perusahaan mengalami kerugian maka pemegang saham tidak akan mendapatkan imbal hasil atau nilai profit. Karakteristik dari saham seperti ini akan menjadi pertimbangan bagi kamu untuk menentukan pilihan emiten yang lebih baik. Jenis saham ini memang sangat ideal bagi para pemula.

Add a Comment

Your email address will not be published.