Apa yang disebut dengan base currency dan counter currency ?

Apa yang disebut dengan base currency dan counter currency ?

Base currency dan counter currency berkaitan dengan pasangan mata uang yang diperdagangkan. Pasangan mata uang selalu merupakan pasangan antara base currency dan counter currency.

Sebagai contoh:

GBP/USD, GBP adalah base currency, USD adalah counter currency.

EUR/USD, EUR adalah base currency, USD adalah counter currency.

USD/JPY, USD adalah base currency, JPY adalah counter currency.

USD/CHF, USD adalah base currency, CHF adalah counter currency.

Berapa harga pasangan mata uang tersebut?

Harga setiap pasangan mata uang akan selalu berubah setiap saat karena transaksi valuta asing berlangsung selama 24 jam dari hari Senin dini hari sampai hari Sabtu dini hari. Contohnya adalah sebagai berikut:

GBP/(ISD 1.9920, artinya harga 1 GBP adalah 1.9920 USD. Jika kita ingin membeli 1 GBP maka kita harus menjual 1.9920 USD yang kita miliki. Sebaliknya, jika kita ingin menjual 1 GBP yang kita miliki maka kita akan mendapatkan 1.9920 USD.

EUR/USD 1.5566, artinya harga 1 EUR adalah 1.5566 USD. Jika kita ingin membeli 1 GBP maka kita harus menjual 1.5566 USD yang kita miliki. Sebaliknya, jika kita ingin menjual 1 EUR yang kita miliki maka kita akan mendapatkan 1.5566 USD.

USD/JPY 108.45, artinya harga 1 USD adalah 108.45 JPY. Jika kita ingin membeli 1 USD maka kita harus menjual 108.45 JPY yang kita miliki. Sebaliknya, jika kita ingin menjual 1 USD yang kita miliki maka kita akan mendapatkan 108.45 JPY.

USD/CHF 1.0548, artinya harga 1 USD adalah 1.05480 CHF. Jika kita ingin membeli 1 USD maka kita harus menjual 1.0548 CHF yang kita miliki. Sebaliknya, jika kita ingin menjual 1 USD yang kita miliki maka kita akan mendapatkan 1.0548 CHF.

Mata uang apa yang bisa diperdagangkan?

Semua mata uang bisa diperdagangkan namun tidak semua mata uang bisa diperdagangkan di setiap tempat. Ketika kita berkunjung ke negara mana pun biasanya di setiap bandara internasional terdapat money changer sebagai tempat perdagangan mata uang asing. Mata uang yang diperdagangkan di tempat tersebut biasanya adalah semua mata uang namun dengan syarat-syarat tertentu. Syarat yang paling utama selain keaslian adalah bentuk fisik yang masih bagus.

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa semua mata uang dapat diperdagangkan. Suatu ketika kita pulang dari AS, kita masih memiliki US dolar dalam berbagai pecahan misalnya 1$. Meskipun pecahan 1$ tersebut asli dan masih bagus namun jika kita menukarkannya pada money chager di kota kecil, biasanya mereka akan menolaknya dengan berbagai macam alasan. Jika kita memiliki dolar dalam bentuk koin, biasanya juga tidak dapat ditukarkan di money changer. Berdasarkan kasus diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwa tidak semua mata uang bisa diperdagangkan di setiap tempat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *